Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa

Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa - Mohon maaf lahir dan batin ya Umi, semoga amalan kita di bulan ramadan kemaren dapat diterima sama Allah SWT, sehingga menjadi amalan sholeh kita semua, Amiin.

Setelah ramadan bulan yang penuh hikmah dan ampunan pergi meninggalkan kita, sekarang waktunya kita bermaaf-maafan, dan dihari yang fitri ini, saatnya kita menjadi manusia yang baru, dengan semangat dan insan yang bermanfaat.
 
Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa
Source images: image 1

Oh ya Umi, pasti tidak sabar dengan hari kupatan kan, hehehehe, kalau Anda dari orang Jawa, kupatan adalah acara keluarga yang istimewa, kupatan terjadi setelah hari Idul Fitri, dan kalau Anda penasaran dengan meriahnya kupatan ini, silahkan Anda pergi ke desa, pasti ramenya minta ampun, heheheeh.

Dan acara kupatan identik dengan yang namanya ketupat karena kupatan berasal dari ketupat. Dan pastinya yang akan disuguhkan ke tamu-tamu adalah ketupat, dirumah saya banyak sekali yang mengirimkan ketupat, dan kemaren saya makan disaudara saya juga disuguhi ketupat opor ayam.

Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa
Source images: image 2

Cara membuat ketupat ini sangat mudah sekali, tinggal kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan tinggal kita olah bahan tersebut, eits kalau Umi pengen rasanya yang enak, buatlah atau masaklah dengan hati ya, agar semua yang dibuat berkesan : ).

Karena penasaran mengapa hidangan ini selalu muncul di acara kupatan, akhirnya saya mencari resepnya dan berhasil menemukannya, dan kabar baiknya saya bagikan ke Umi semuanya ya, berikut Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa, resep ini unik, karena ketupatnya kita kombinasikan dengan yang namanya opor ayam jawa, dan rasanya enak banget, selamat mengikuti ya.

Resep Ketupat Lebaran Opor Ayam

Bahan ketupat lebaran opor ayam Jawa
3 ketupat lebaran atau lontong 
1 bh Sere (dimemarkan)
10 ptg Daging Ayam Jawa
2 lmbr Daun Jeruk Purut
2 lmbr Daun Salam
3 sdm Minyak Goreng
200 ml Air Santan

Bumbu ketupat lebaran opor ayam Jawa yang dihaluskan
3 bh Bawang Merah
5 bh Kemiri
Garam, Gula dan Lada (sesuai selera)
1 sdm Ketumbar
1/2 sdm Jinten
2 cm Laos
8 bh Bawang Putih

Cara membuat ketupat lebaran opor ayam Jawa

  • Cuci besih daging ayam setelah direbus sampai lunak sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng. Tumis sampai harum bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tambahkan daun salam, serai.
  • Masukkan ayam sambil di aduk-aduk sampai rata.
  • Masukkan air santan.
  • Masak sampai matang.
  • Ayam opor siap dihidangkan dengan ketupat lebaran Anda.

Demikian  Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa semoga dihari yang fitri ini kita mampu menyajikan masakan yang baik dan bermanfaat buat kita semua.

Sampai bertemu dengan resep masakan umiku yang lainnya ya, selamat berlebaran, selamat berlibur, dan tentunya semoga kita kembali ke fitrih semuanya. Terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Ketupat Lebaran Opor Ayam Jawa"

Post a Comment