Bahaya Dan Dampak Pemasangan Tower BTS

Dampak dan bahaya pemasangan tower BTS


Dampak dan bahaya pemasangan tower BTSPerkembangan teknologi yang semakin pesat khususnya dalam bidang telekomunikasi mendorong berbagi operator provider untuk mengembangkan kualitas jaringan mereka. Salah satu cara yang mereka lakukan guna tercapainya kualitas jaringan yang bagus dalam bidang komunikasi adalah dengan cara memperbanyak jumlah bts atu masyarakat kerap menyebutnya dengan tower seluler dan ada juga yang menyebutnya dengan nama tower pemancar sinyal. 

Saat saya membuat artikel ini saya sedang melakukan prakerin di daerah sedayu bantul, di pertigaan lampu merah Pedes, Argomulyo, Sedayu, Bantul (Dekat UMB) sudah terpasang salah satu antena BTS milik operator, sayangnya menurut saya pemasangan tower BTS itu sangat mengganggu keadaan lalu lintas, karena hanya berjarak 1 Meter dari bibir aspal jalan raya antar provinsi.
Selain itu tower BTS ini menjulang tinggi dan terbuat dari logam yang dipasang dipinggir jalan raya, sangat besar kemungkinan tower ini roboh apabila terdapat kesalahan, contohnya bagaimana bila ada pengendara lalai dan menabrak tower ini (Kecelakaan) selain itu tower ini juga mengganggu aktifitas publik yang menggunakan jalan tersebut.
Dampak dan bahaya pemasangan tower BTS


SEBELUM TERLAMBAT Saya harap di daerah saya nanti (Kulon Progo) apabila dilakukan pemasangan tower BTS, dapat dilakukan dengan baik dan memenuhi standar, dan juga tidak terlalu banyak terdapat tower BTS, karena banyak yang belum tau dari dampak pembangunan tower BTS tersebut. Hal ini seiring dengan minimnya tingkat pendidikan di Indonesia sehingga masyarakat dengan mudah dapat di iming-imingi sesuatu yang ternyata dibalik iming-iming itu ada dampak bahaya yang sangat besar bagi mereka.

Misalnya saja : didaerah saya ada suatu operator seluler yang ingin membangun BTS di kampung, dengan iming-iming pemilik tanah yang mau lahannya disewa untuk pembangunan BTS akan diberi uang sebesar 100 juta maka tanpa berfikir panjang langsung saja dia setuju. Tak hanya berhenti disitu pembangunan BTS memerlukan izin dari warga sekitar, sehingga dengan mengumpulkan warga mereka memberi iming-iming akan diberi uang sebesar 1 juta untuk satu tanda tangan dari mereka (yang berarti mereka menyetujui pembangunan BTS tersebut. Siapa sih yang tak tergiur dengan uang satu juta hanya dengan bertanda tangan saja? Tentu saja banyak warga yang menyetujuinya. Padahal tanpa mereka tau terdapat dampak efek negatif dari BTS yang sebenarnya membahayakan kehidupan mereka, berikut ini adalah diantaranya:


Radiasi BTS dapat memicu kanker
Meskipun ada dua pendapat yang berbeda yang satu mengatakan bahwa radiasi BTS sangat kecil dan tidak berbahaya, sedangkan yang satu lagi mengatakan bahwa radiasi BTS itu sangat berbahaya dan menyebabkan kanker. Saya cenderung lebih percaya dari pernyataan ke dua, mengapa? Ada dua hal yang membuat saya percaya dengan nomor dua, yang pertama saya sekolah jurusan listrik dan sedikit-sedikit mengerti tentang radiasi. Kita tau bahwa BTS menggunakan daya energi yang sangat besar sehingga kemungkinan radiasi juga besar. Yang kedua saya lebih diyakinkan dengan penelitian seorang peneliti dari India yang bernama  Prof Girish Kumar. Beliau mengatakan bahwa dampak radiasi BTS sangat fatal dan dapat memicu kanker. Jadi jelas saja saya lebih percaya dengan pernyataan kedua dari pada pernyataan pertama yang tanpa ada bukti dan penelitian.

Menurunkan sistem kekebalan tubuh
Berdasarkan penelitian di India ternyata BTS mengeluarkan medan elektromagnetik. Medan elektromagnetik dari BTS inilah yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Mudah terserang penyakit
Hal ini masih berkaitan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang lemah dalam sistem kekebalan tubuh maka akan mudah sekali untuk terserang penyakit. Contohnya saja penyakit HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh, penderita penyakit tersebut akan mudah sekali terserang penyakit.

Mudah terkena petir
Seperti kita tau petir akan lebih suka menyambar sesuatu yang tinggi dan terutama lancip. Bentuk BTS yang tinggi dan lancip menjulang menjadi sasaran empuk petir, namun tenang saja karena di setiap BTS sudah dipasang anti petir (grounding) yang sangat baik sekali (R<1 Ohm). Meskipun demikian jika rumah anda dekat dengan BTS maka anda akan tetap merasakan dampak dari tersambarnya BTS oleh petir.

Bahaya BTS roboh
Nah ini yang sering kali menjadi pertimbangan masyarakat jika BTS suatu saat akan roboh. Mengingat BTS yang semua bagiannya terbuat dari besi, sangat tinggi dan tentunya berat bayangkan jika rumah anda tertimpa oleh BTS, apa yang akan terjadi? Ditambah lagi dengan angin kencang yang sering terjadi di Indonesia semakin membuat was-was warga yang dekat dengan BTS.


Contoh gambar tower BTS :

Dampak dan bahaya pemasangan tower BTS
tower bts berbentuk pohon di mesir

Dampak dan bahaya pemasangan tower BTS
tower bts milik bolt
Dampak dan bahaya pemasangan tower BTS
tower lainya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Dan Dampak Pemasangan Tower BTS"

Post a Comment