Daftar Biaya Kelebihan Bagasi Pesawat ( Air Asia, Citilink,Garuda, Lion Air, Sriwijaya )


Biaya kelebihan bagasi.

Saat memesan tiket pesawat, kita biasanya akan mendapat free bagasi maksimal 20 kg per penumpang. Fasilitas tersebut disediakan oleh hampir semua maskapai.

Biasanya, saya tidak terlalu memperhatikan hal ini karena hampir tidak pernah membawa bagasi sampai lebih dari 20 kilogram. Akan tetapi, apa jadinya bila kita memabwa barang bagasi lebih dari 20 kilogram.

Hal tersebut saya alami sendiri tadi malam. Saya memesankan tiket untuk orang tua saya pulang kampung. Mereka menyiapkan banyak barang untuk dibawa pulang dan masih ada lagi titipan dari saudara yang ingin menitipkan oleh-oleh buat keluarga di kampung.

Setelah ditimbang-timbang, ternyata barang bawaan orang tua lebih dari 60 kilogram (berdua). Akibatnya muncul pertanyaan, berapa biaya kelebihan bagasi pesawat?
Berapa maksimal kelebihan bagasi untuk pesawat?

Berikut ini beberapa daftar biaya kelebihan bagasi dari tiap maskapai penerbangan Indonesia:

1. Biaya kelebihan bagasi Citilink adalah rp. 15.000 - rp. 35.000 per kg.
2. Biaya kelebihan bagasi Lion Air adalah 22.000 per kilogram (harga tahun 2014).

Itu asumsi untuk penerbangan dengan jarak Jakarta Medan. Biaya kelebihan bagasi lebih murah untuk penerbangan yang lebih dekat, dan sebaliknya.

3. Biaya kelebihan bagasi Garuda adalah 12.500 rupiah (data tahun 2015. Data ini kurang akurat karena saya juga tidak bisa mengakses laman resmi Garuda Indonesia.
4. Biaya kelebihan bagasi Sriwijaya air adalah -
5. Biaya kelebihan bagasi Air Asia adalah Rp. 117.000/kg.

Note: Dari daftar di atas hanya Citilink yang menampilkan biaya kelebihan bagasi di laman resmi mereka. Sementara untuk maskapai lain, saya mengambil data dari internet dan kemungkinan besar kurang update.

Bila ada tambahan info yang lebih akurat, silakan tuliskan di kotak komentar untuk membantu rekan-rekan ang ingin berangkat dengan pesawat dan kelebihan berat bagasi.

Kembali pada kasus saya, saya akhirnya memilih untuk mengirimkan sebagian paket yang akan dibawa ke kampung oleh orang tua saya dengan jasa ekspedisi.

Dengan harga yang tidak jauh berbeda, kita tidak perlu repot-repot embawa barang ke bandara. Repot keluar dari bandara membawa barang-barang segala macam. Lebih baik menggunakan jasa ekspedisi tinggal antar ke loket, barang dikirim.

Sebagai catatan juga, bila anda dalam perjalanan dengan pesawat, sebisa mungkin jangan bawa barang melebihi kapasitas bagasi yang disediakan. Karena selain repot, ujung-ujungnya duit juga.

Update: 
Biaya kelebihan bagasi pesawat Lion Air yang harus dibayar oleh orang tua saya ternyata Rp. 11.000 per kilogram.

Ada komenter yang menyebutkan bahwa biaya kelebihan bagasi pesawat lion air untuk penerbangan domestik adalah Rp. 8.800.

Untuk biaya kelebihan bagasi dari batik air masih belum ada kejelasan, mungkin ada yang pernah punya pengalaman?

Ada yang punya pengalaman?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Biaya Kelebihan Bagasi Pesawat ( Air Asia, Citilink,Garuda, Lion Air, Sriwijaya )"

Post a Comment