Resep Cara Membuat Ayam Crispy Renyah dan Enak

Halo Umi bertemu lagi dengan resep masakan Indonesia yang lainnya, setelah kita membahas mengenai beberapa masakan ayam kali ini saya pengen banget membahasnya lebih dalam lagi, dan resep kali ini adalah resep ayam crispy.

Bagaimana cukup menarik bukan, ayam crispy adalah olahan daging ayam di sengaja dibuat cispi agar saat memakannya tidak menimbulkan kesan alot atau bagaimana, tetapi dapat menimbulkan kesan yang kresh, hmmm seperti makan kerupuknya : ).

Makanan Indonesia ayam goreng crispy ini cocok sekali kita hidangkan saat musim-musim hujan begini, karena rata-rata orang Indonesia adalah orang yang suka makan disaat hujan datang, bener gak Umi? : )

Cara membuat ayam crispy sangat mudah dan simpel, dan ayam ini entah untuk acara apapun dan untuk siapapun pasti akan cocok : ).

ayam krispi ini menurut saya adalah masakan yang sangat unik, mengapa demikian? karena masakan harus dihidangkan tanpa kuah, kalau kita memakannya dengan kuah maka cispinya akan hilang.

Resep Ayam Crispy Renyah dan Enak
source image: http://resepcaramasak.com/wp-content/uploads/2015/05/Cara-Membuat-Ayam-Goreng-KFC-Asli-Gurih.png

Untuk kandungan gizi dari ayam juga sangat baik sekali kan, dan untuk bahan yang membuatnya crispy juga aman, jadi bisa kita simpulkan kalau ayam crispy adalah olahan makanan yang menyehatkan.

Baiklah agar tidak penasaran bagaimana cara membuat ayam crispy, berikut akan kita bahas bersama-sama resep ayam krispi, selamat mencoba.


Bumbu / bahan ayam crispy:
  • daging ayam jawa 1 ekor
  • baking powder setengah 1 sendok teh
  • bubuk ketumbar yang bagus 1 sendok teh
  • air bersih 300 ml atau secukupnya
  • bawang putih ukuran sedang 7 siung
  • tepung kanji yang sudah dilarutkan dalam air 2 sendok makan
  • kemiri 7 butir
  • telur ayam 1 saja atau lebih
  • garam 1 sendok makan atau secukupnya

Cara memasak ayam crispy:
  1. Bersihkan ayamnya terlebih dahulu, dan pastikan dagingnya masih segar, keluarkan seluruh kotoran atau bagian dalamnya keluar seperti usus, hati dan lain-lain
  2. bilas dengan air bersih dan sisihkan
  3. setelah itu ambil garam dan lumuri semua daging ayamnya sampai rata lalu diamkan beberapa saat selama kurang lebih seperempat jam atau 15 menit
  4. olah bumbu atau bahan yang sudah disiapkan tadi, haluskan semuanya
  5. setelah itu masukkan bumbu yang sudah halus kedalam panci yang masih bersih
  6. lalu masukkan pula ayamnya, lalu masukkan air bersih dan rebus semuanya sambil diaduk pelan-pelan, tunggu sampai 10 menit agar bumbunya meresap dengan baik
  7. setelah itu angkat daging ayamnya dan airnya jangan dibuang karena akan digunakan sebagai kaldu
  8. lalu kaldu tersebut setelah dingin, ambil bumbu larutan kanji, dan baking powdernya aduk hingga rata, lalu masukkan juga telurnya, dan aduk kembali
  9. setelah dirasa bumbunya merata, ambil ayam potong demi potong dn lumuri daging ayamnya dengan bumbu tadi
  10. panaskan minyak goreng dengan api sedang
  11. goreng ayamnya satu demi satu, tunggu sampai masak
  12. setelah itu angkat dan tiriskan
  13. sajikan  dengan baik, dan cocok juga jika dikasih dengan saos sambal atau saos asam manis

Bagaimana Umi, sangat mudah dan simpel kan, masakan ini cocok lho buat si kecil yang tidak suka dengan daging atau untuk si kecil yang susah makan, bisa kita buatkan ini dirumah, agar si buah hati kita doyan makan.

Demikian resep ayam goreng crispy kali ini, terus kunjungi kami ya, karena segala bentu resep masakan ada di sini. Sampai jumpa dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Ayam Crispy Renyah dan Enak"

Post a Comment